IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BOGOR


Nabilah Hascariati Andini, 6411416081 (2021) IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BOGOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BOGOR] PDF (IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BOGOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia sekolah dengan disabilitas merupakan anak-anak yang tergolong rentan terhadap kecelakaan yang mengakibatkan cedera daripada anak- anak tanpa cacat. Provinsi Jawa Barat memiliki proporsi cedera yang mengakibatkan kegiatan sehari-hari terganggu sebesar 8,73% dan Bogor memiliki proporsi cedera yang mengakibatkan kegiatan sehari-hari terganggu yang tinggi yakni sebesar 10,39%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen keselamatan sekolah di SLB Negeri Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, dan lembar studi dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SLBN Bogor, Guru SDLB, Guru SMPLB, Guru SMALB, Guru sekolah yang bertugas sebagai Penanggung Jawab Sosialisasi Bencana, dan Penjaga Sekolah. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari 94 indikator pemenuhan manajemen keselamatan sekolah menunjukan, implementasi komponen kebijakan sekolah adalah terdapat (Ada Sesuai=75%; Ada Tidak Sesuai=25%); implementasi komponen sarana dan prasarana SLB adalah terdapat (Ada Sesuai=78%; Ada Tidak Sesuai=9%; Tidak Sesuai=13%), partisipasi orang tua/wali adalah terdapat (Ada Sesuai=100%). Saran bagi sekolah adalah untuk melengkapi sarana prasarana yang belum sesuai dengan standar terkait dengan persyaratan tata bangunan, keamanan, keselamatan, kesehatan, dan zona aman selamat sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cedera, Keselamatan, Sistem Manajemen Keselamatan Sekolah, Sekolah Luar Biasa
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:17
Last Modified: 30 Aug 2022 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51647

Actions (login required)

View Item View Item