PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK


Widhi Sarwestri Firmaningrum, 4401416079 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dan praktis akan membuat peserta didik lebih memahami materi yang disampaikan serta mendukung pembelajaran mandiri. Pendidikan di abad XXI menuntut agar pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi. Media yang digunakan dalam pembelajaran materi Ekosistem belum dikembangkan untuk pembelajaran mandiri berbasis Android. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik dan memanfaatkan teknologi seperti android pada materi Ekosistem. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas media yang dikembangkan, menganalisis tanggapan guru dan peserta didik mengenai media yang dikembangkan, Menganalisis kemampuan kognitif peserta didik setelah menggunakan media. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan macam-macam objek multimedia, yaitu teks, gambar, audio, dan video. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang telah direduksi menjadi define, design, dan develop. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021, dengan sampel siswa kelas X MIA 2 dengan jumlah 32 orang. Kelayakan media ditentukan berdasarkan validitas media dan materi, tanggapan guru, tanggapan siswa, dan ujicoba di lapangan, masing-masing dengan persentase minimal 61%. Hasil penelitian menunjukkan validitas materi dari media pembelajaran sangat valid dengan persentase 88%, validitas media dengan persentase 98,27% dengan kategori sangat valid. Hasil tanggapan guru biologi menunjukkan persentase 92,18% dengan kategori sangat tinggi. Tanggapan peserta didik menunjukkan persentase 84,93% dengan kategori sangat tinggi. Persentase kemampuan kognitif peserta didik sebesar 91,25% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android pada materi Ekosistem sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Saran peneliti adalah sebaiknya guru menerapkan media pembelajaran yang dikembangkan sebagai sarana belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, android, ekosistem
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:41
Last Modified: 29 Aug 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51640

Actions (login required)

View Item View Item