PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU)


Neelam Puspitasari, 4201417028 (2021) PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU)] PDF (PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan sains berkaitan dengan fenomena ilmiah yang ada di sekitar seperti pengelolaan sumber daya alam dan energi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai literasi sains peserta didik pada materi PLTU kaitannya dengan usaha dan energi berdasarkan aspek literasi sains PISA 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan desain penelitian one shoot case study. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA dengan teknik purposive sampling di SMA Negeri 1 Bangsri, Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif yang dideskripsikan guna memperoleh gambaran bagaimana literasi sains yang dimiliki peserta didik di SMA Negeri 1 Bangsri Jepara terhadap materi PLTU. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa profil literasi sains peserta didik pada materi PLTU masih tergolong rendah dengan perolehan skor sebesar 57, 05% yang artinya pengetahuan, kompetensi, maupun sikap sains yang dimiliki oleh peserta didik belum optimal berkaitan dengan PLTU. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti pemahaman dan penguasaan konsep sains, kompetensi sains peserta didik, ketertarikan pada sains dan teknologi, pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan, pembelajaran yang dikaitkan dengan fenomena ilmiah di sekitar, dan kegiatan literasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, fenomena ilmiah, PLTU
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:10
Last Modified: 29 Aug 2022 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51636

Actions (login required)

View Item View Item