ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SCAFFOLDING


Annisa Luthfi Istiqomah, 4101417152 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SCAFFOLDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SCAFFOLDING] PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SCAFFOLDING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi awal yang dimiliki setiap tipe AQ pada kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding, dan untuk mendapatkan pembelajaran efektif. Metode penelitian kombinasi desain mixed-method dengan sequential exploratory design digunakan untuk menjawab rumusan masalah dengan metode kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Pemilihan subjek penelitian kualitatif dilakukan dengan purposive sampling, sedangkan populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2020/ 2021 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII D (kelas eksperimen) dan VII A (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding, siswa dengan tipe climber cenderung memenuhi indikator kemandirian belajar yaitu percaya diri, disiplin, inisiatif, dan tanggung jawab. Siswa dengan tipe camper cenderung mampu memenuhi indikator percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab. Sedangkan siswa dengan tipe quitter cenderung memenuhi indikator disiplin dan tanggung jawab; (2) deskripsi awal kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum pembelajaran, subjek tipe climber cenderung memenuhi indikator membaca dan memahami masalah, menyusun strategi, melakukan konfirmasi proses dan konfirmasi jawaban, subjek dengan tipe camper cenderung memenuhi indikator membaca dan memahami masalah, menyusun strategi, dan melakukan konfirmasi proses, dan subjek dengan tipe quitter cenderung memenuhi indikator melakukan proses penyelesaian; (3) tercapainya pembelajaran efektif pada pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient, Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding, kemandirian belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:01
Last Modified: 29 Aug 2022 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51629

Actions (login required)

View Item View Item