PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA PADA PERILAKU INOVATIF MELALUI PERSON-ORGANIZATION FIT (Studi Kasus Pada Paramedis Rumah Sakit Islam Purwodadi)


Dewi Dyaningsih, 7311415065 (2021) PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA PADA PERILAKU INOVATIF MELALUI PERSON-ORGANIZATION FIT (Studi Kasus Pada Paramedis Rumah Sakit Islam Purwodadi). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA PADA PERILAKU INOVATIF MELALUI PERSON-ORGANIZATION FIT (Studi Kasus Pada Paramedis Rumah Sakit Islam Purwodadi)] PDF (PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA PADA PERILAKU INOVATIF MELALUI PERSON-ORGANIZATION FIT (Studi Kasus Pada Paramedis Rumah Sakit Islam Purwodadi)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku inovatif karyawan merupakan tindakan individu dengan menciptakan ide-ide baru dan mempromosikan ide tersebut kepada orang lain dengan tujuan menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang berbeda agar lebih efektif dan efisien. Memunculkan perilaku inovatif dapat didorong dengan LMX atau hubungan antara pemimpin dan bawahan yang dapat mempengaruhi perilaku inovatif karena paramedis akan merasa percaya diri dalam menyampaikan pendapat maupun ide apabila terbentuk hubungan baik antara pemimpin dan karyawan. P-O fit juga dapat mempengaruhi perilaku inovatif, Karena paramedis yang merasa memiliki kesesuaian nilai pribadi dengan nilai-nilai yang ada dalam organisasi akan menunjukkan sikap positif yang mengarah pada perilaku inovatif. Jenis dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh paramedis Rumah Sakit Islam Purwodadi. Teknik pengambilan sampel jenuh dan diperoleh ukuran sampel yang harus digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 83 paramedis. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5. Metode analisis data yang diuji instrument (validitas dan reliabilitas), uji hipotesis dan uji path analysis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMX dapat meningkatkan perilaku inovatif. Spiritualitas di tempat kerja terbukti dapat meningkatkan perilaku inovatif. P-O fit juga terbukti dapat meningkatkan perilaku inovatif. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa P-O fit mampu memediasi hubungan LMX terhadap perilaku inovatif dan spiritualitas di tempat kerja terhadap perilaku inovatif paramedis. Simpulan dari penelitian ini yaitu LMX dan spiritualitas di tempat kerja memiliki peran penting dalam meningkatkan perilaku inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: (Leader Member Exchange) LMX, Spiritualitas di tempat Kerja, Perilaku Inovatif, (Person-Organization Fit) P-O Fit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:34
Last Modified: 29 Aug 2022 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51625

Actions (login required)

View Item View Item