PENGARUH CITY BRANDING, PRODUK WISATA, DAN PERSEPSI WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MOTIVASI DI KOTA LAMA SEMARANG


Nur Farida, 7311414085 (2021) PENGARUH CITY BRANDING, PRODUK WISATA, DAN PERSEPSI WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MOTIVASI DI KOTA LAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH CITY BRANDING, PRODUK WISATA, DAN PERSEPSI WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MOTIVASI DI KOTA LAMA SEMARANG] PDF (PENGARUH CITY BRANDING, PRODUK WISATA, DAN PERSEPSI WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MOTIVASI DI KOTA LAMA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi dalam melakukan kunjungan ke suatu daerah tujuan wisata. Wisatawan memiliki persepsi yang dapat membuat mereka memikirkan daerah tujuan wisata sehingga memilih mengunjungi daerah wisata tersebut. Penyedia layanan wisata harus dapat mengetahui hal-hal yang mengakibatkan keputusan kunjungan wisatawan yaitu city branding dan produk wisata. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan city branding, produk wisata, dan persepsi wisata berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan yang dimediasi dengan motivasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Kota Lama Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik incidental sampling sejumlah 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis jalur dengan program SPSS versi 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa city branding tidak memiliki hasil yang signifikan terhadap keputusan berkunjung sedangkan produk wisata dan persepsi wisata memiliki hubungan langsung yang positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan untuk pengujian intervening diperoleh nilai total pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa city branding secara langsung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung sedangkan produk wisata dan persepsi wisata secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Dalam analisis jalur variabel motivasi mampu memediasi city branding, produk wisata, dan persepsi wisata terhadap keputusan berkunjung. Pada penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan serta menambah variabel lain, seperti faktor promosi dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: City Branding, Produk Wisata, Persepsi Wisata, Motivasi, Keputusan Berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:01
Last Modified: 29 Aug 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51624

Actions (login required)

View Item View Item