PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA ETNOMATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN ARIAS
Melinda Resti Anggraeni, 4101417123 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA ETNOMATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN ARIAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA ETNOMATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN ARIAS)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (39MB) | Request a copy |
Abstract
Bahan ajar matematika di sekolah masih sebatas mengenalkan materi untuk menyelesaikan masalah tanpa dikaitkan dengan kemampuan siswa pada aspek lain, salah satunya kemampuan koneksi matematis. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan mendapatkan manfaat dan pemahaman terhadap konsep dan prinsip yang dipelajarinya. Bahan ajar bernuansa etnomatematika materi perbandingan dan skala kelas VII dalam model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) merupakan inovasi bahan ajar yang dikaitkan dengan budaya Pati yang memuat indikator-indikator kemampuan koneksi matematis serta langkah-langkah model pembelajaran ARIAS. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar bernuansa etnomatematika dalam model pembelajaran ARIAS pada materi perbandingan dan skala kelas VII yang berpotensi meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4- D yang dimodifikasi dengan tiga tahapan, yaitu 1) Define (Pendefinisian); 2) Design (Perancangan); dan 3) Develop (Pengembangan). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bahan ajar bernuansa etnomatematika yang dihasilkan memenuhi ketercapaian karakteristik dapat digunakan. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar bernuansa etnomatematika dalam model pembelajaran ARIAS layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 88,21%. Bahan ajar bernuansa etnomatematika dalam model pembelajaran ARIAS yang dikembangkan memenuhi kategori berpotensi meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dan mudah dipahami oleh siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil dari uji Cochran Test yang memperoleh nilai < yang berarti validator mempunyai pemahaman yang sama terhadap bahan ajar berpotensi meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dan hasil uji keterbacaan terhadap siswa dengan nilai < yang berarti siswa mempunyai pemahaman yang sama terhadap bahan ajar yang mudah dipahami. Bahan ajar bernuansa etnomatematika materi perbandingan dan skala kelas VII dalam model pembelajaran ARIAS kemudian diberikan e-hak cipta dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran ARIAS |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 03:28 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 03:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51622 |
Actions (login required)
View Item |