Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar


Annisa Etika Arum, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia (2020) Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. In: SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020.

[thumbnail of Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar.pdf] PDF - Published Version
Download (232kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia membawa perubahan yang sangat signifikan, khususnya dalam dunia pendidikan. Pada kondisi seperti saat ini, kegiatan pembelajaran mengalami dampak yang sangat besar, bahkan harus mengganti proses pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan disekolah, namun saat ini harus dilakukan dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran daring dan kajian dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak struktur dan studi pustaka. Subjek penelitian berjumlah 3 responden, yaitu 1 guru kelas, 1 orang tua siswa, 1 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring di salah satu SD Kecamatan Muncar sudah berjalan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google classroom dan zoom. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenal teknologi. Namun, lebih banyak dampak negatif yang dirasakan, yaitu guru di harapkan dapat mencapai target kompetensi melalui pembelajaran daring ini, namun nyatanya untuk mencapai target tersebut masih banyak kendala, seperti kurangnya peserta didik dalam memberikan umpan balik secara cepat, peserta didik kurang dalam memahami materi yang diberikan, kurangnya alat komunikasi membuat peserta didik tidak dapat mengumpulkan tugas secara tepat waktu, penjelasan guru tidak jelas ketika signal buruk sehingga materi yang disampaikan tidak diterima dengan baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Dampak Positif dan Negatif, Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:44
Last Modified: 29 Aug 2022 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51621

Actions (login required)

View Item View Item