PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2008-2009


TEGUH PRASETYO , 3301402115 (2009) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2008-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2008-2009]
Preview
PDF (PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2008-2009) - Published Version
Download (609kB) | Preview

Abstract

Untuk menjadikan guru sebagai tenaga profesional, maka perlu diadakan pembinaan secara terus menerus dan berkesinambungan, serta menjadikan guru sebagai tenaga pendidik perlu diperhatikan, dihargai dan diakui keprofesionalannya. Untuk membuat mereka menjadi profesional tidak semata-mata hanya meningkatkan kompetensinya baik melalui pemberian penataran, pelatihan maupun memperoleh kesempatan untuk belajar lagi saja, namun perlu juga memperhatikan guru dari segi yang lain seperti peningkatan disiplin, pemberian motivasi, pemberian bimbingan melalui supervisi sehingga memungkinkan guru menjadi puas dalam bekerja sebagai pendidik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik pada proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2008-2009 dan untuk mengetahui sekolah manakah yang sangat baik dalam pelaksanaan supervisi akademik pada proses pembelajaran ekonomi di SMAN se-Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2008-2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang yang mendapat pelayanan supervisi akademik pada tahun ajaran 2008-2009 yang terdiri dari 32 guru. Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket dan observasi. Dari hasil analisis diketahui bahwa pelaksanaan supervisi akademik pada proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang dari 11 Sekolah SMAN secara umum mencapai skor 2175 dengan persentase 65% dan masuk dalam kriteria baik. Namun dari 11 Sekolah, terdapat perbedaan persentase skor pelaksanaan supervisi akademik pelajaran ekonomi di masing-masing SMAN se-Kabupaten Pemalang yaitu 2 Sekolah masuk dalam kriteria sangat baik, 3 Sekolah masuk kriteria baik dan ada 6 Sekolah berkriteria kurang baik. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa SMAN 1 RANDUDONGKAL menempati peringkat pertama dan kriteria sangat baik. Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada kepala sekolah hendaknya senantiasa membimbing guru, baik itu berupa pemberian sarana-prasarana belajar, bimbingan dan pengarahan serta motifasi agar memperoleh prestasi yang optimal. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Supervisi, Supervisi Akademik, Pembelajaran Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2011 06:09
Last Modified: 25 Apr 2015 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item