Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Pada Presentasi Tugas Dengan Teknik Peer Assessment
Rizkika Sasi Sauma, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Sri Haryani, - (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Pada Presentasi Tugas Dengan Teknik Peer Assessment. Chemistry in Education, 6 (2). ISSN 2252-6609
PDF
- Published Version
Download (976kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah instrumen penilaian unjuk kerja pada presentasi tugas dengan teknik peer assessment yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan oleh guru untuk mendapatkan penilaian pada aspek psikomotor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Djemari Mardhapi yang merupakan pengembangan dari metode penelitian Gronlund. Instrumen penelitian yang dikembangkan diuji keefektifannya sebagai produk pengembangan. Keefektifan produk pengembangan diketahui dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu dari aspek psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal pada aspek psikomotorik siswa saat implementasi instrumen penilaian adalah sebesar 92,7%, sebagai dampak positif lain ketuntasan klasikal aspek kognitif kelas X MIPA 2 dan X MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 84,2% dan 89,4% serta ketuntasan klasikal aspek afektif adalah sebesar 93,4%. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan instrumen penilaian yang dikembangkan ini masuk dalam kriteria valid. Hasil reliabilitas instrumen penilaian yang pertama adalah 0.983, reliabilitas kedua adalah 0.701 dan reliabilitas ketiga adalah 0.855. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian unjuk kerja yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai alat penilaian dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen penilaian presentasi tugas peer assessment unjuk kerja |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:40 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51596 |
Actions (login required)
View Item |