Model Blended Learning Berbasis Task Dengan Penilaian Jurnal Belajar Terkait Pencapaian Kompetensi Dasar
Garnis Astriyanti, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Supartono, - (2017) Model Blended Learning Berbasis Task Dengan Penilaian Jurnal Belajar Terkait Pencapaian Kompetensi Dasar. Chemistry in Education, 6 (1). ISSN 2252-6609
PDF
- Published Version
Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan ketercapaian kompetensi dasar siswa dan besar pengaruh menggunakan pembelajaran model blended learning pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan model pretestĀposttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data melalui metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa hasil belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes dan korelasi biserial. Penilaian menggunakan jurnal belajar menghasilkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kriteria cukup untuk kelas eksperimen maupun kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh thitung (2,97) dan t tabel (1,67) berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh variabel diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) 0,407 yang termasuk kriteria sedang dengan koefisien determinasi sebesar 16,6%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model blended learning berbasis task dengan menggunakan penilaian jurnal dan hasil belajar memberikan pengaruh sedang dengan kontribusi sebesar 16,6% serta dapat meningkatakan kompetensi dasar siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning Penilaian Jurnal Kompetensi Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:31 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51594 |
Actions (login required)
View Item |