PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, TIPE INDUSTRI, DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Mengikuti PROPER Tahun 2017-2019)


Rahayu Dinassari, 7211417148 (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, TIPE INDUSTRI, DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Mengikuti PROPER Tahun 2017-2019). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, TIPE INDUSTRI, DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Mengikuti PROPER Tahun 2017-2019)] PDF (PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, TIPE INDUSTRI, DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Mengikuti PROPER Tahun 2017-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja lingkungan adalah kinerja perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang baik. Kinerja lingkungan sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan. Beberapa faktor dapat mempengaruhi kinerja lingkungan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan saham publik, tipe industri, dan aktivitas komite audit terhadap kinerja lingkungan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mengikuti PROPER tahun 2017-2019. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 198 unit analisis dari 66 emiten. Penelitian menggunakan data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, regresi ordinal, dan analisis regresi moderasi dengan software IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan perusahaan masih rendah. Sebagian besar perusahaan sampel merupakan perusahaan high profile. Data penelitian tersebar merata untuk kepemilikan saham publik dan ukuran perusahaan, namun tidak merata untuk aktivitas komite audit. Hasil uji keseluruhan model dan uji kelayakan model menunjukkan data dinilai fit. Hasil uji parallel lines menunjukkan model link function yang digunakan sesuai dengan model regresi. Uji koefisien determinasi menghasilkan nilai 28,5%. Kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Tipe industri dan aktivitas komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja lingkungan. Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh tipe industri terhadap kinerja lingkungan namun tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan saham publik dan aktivitas komite audit terhadap kinerja lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 3 dari 6 hipotesis dinyatakan diterima, yaitu hipotesis kedua (tipe industri berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja lingkungan), hipotesis ketiga (aktivitas komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja lingkungan), dan hipotesis kelima (ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh tipe industri terhadap kinerja lingkungan). Saran terkait dengan hasil penelitian yaitu perusahaan (terutama perusahaan high profile dan/atau perusahaan besar) sebaiknya meningkatkan tanggungjawabnya terhadap lingkungan, perusahaan perlu memaksimalkan aktivitas komite auditnya agar lebih aktif dan sigap, sehingga dapat meningkatkan kinerja lingkungannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Tipe Industri, Aktivitas Komite Audit
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:47
Last Modified: 26 Aug 2022 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51593

Actions (login required)

View Item View Item