ANALISIS RASIO KINERJA KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK DENGAN RISIKO PASAR SEBAGAI INTERVENING


Ailin Nuhaaya, 7211417124 (2021) ANALISIS RASIO KINERJA KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK DENGAN RISIKO PASAR SEBAGAI INTERVENING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS RASIO KINERJA KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK DENGAN RISIKO PASAR SEBAGAI INTERVENING] PDF (ANALISIS RASIO KINERJA KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK DENGAN RISIKO PASAR SEBAGAI INTERVENING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perbankan memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia, yaitu memberikan pembiayaan untuk masyarakat pada kegiatan konsumsi dan produksi. Bank juga sebagai perantara keuangan atau financial intermediary antara pihak kelebihan dana dan pihak kekurangan dana. Pentingnya peran perbankan mengharuskan bank senantiasa memiliki kinerja yang baik guna kelancaran sistem keuangan di berbagai sektor nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio kinerja keuangan yaitu likuiditas yang diukur dengan rasio LDR, risiko kredit yang diukur dengan rasio NPL, dan efisiensi operasi yang diukur dengan rasio BOPO terhadap profitabilitas bank yang diproksikan oleh rasio ROA serta menggunakan risiko pasar yaitu rasio NIM sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019 sebanyak 40 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 37 perusahaan dengan 167 unit analisis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan teknis analisis jalur (Path Analuysis) dengan alat analisis program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio LDR dan rasio BOPO berpengaruh signifikan terhadap rasio ROA. Sementara itu, rasio NPL berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap rasio ROA. Sedangkan rasio NIM berpengaruh positif signifikan terhadap rasio ROA. Penelitian juga menunjukkan bahwa rasio LDR berpengaruh positif signifikan terhadap rasio NIM, rasio NPL berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap rasio NIM, dan rasio BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap rasio NIM. Selanjutnya, rasio NIM dapat memediasi rasio LDR terhadap rasio ROA, akan tetapi rasio NIM tidak dapat memediasi rasio NPL dan rasio BOPO terhadap rasio ROA. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan perbankan disarankan untuk senantiasa memperhatikan rasio-rasio keuangan perusahaan seperti mengelola modal yang dimiliki untuk pemberian kredit guna menjaga tingkat rasio LDR agar tetap dalam keadaan baik. Selain itu, meningkatkan kualitas pemberian kredit kepada masyarakat juga diperlukan untuk menjaga kestabilan rasio NPL serta untuk meningkatkan pendapatan bunga pada rasio NIM. Menjaga tingkat efisiensi perusahaan dalam mengelola biaya operasional dan pendapatan operasional perusahaan juga perlu diperhatikan untuk menjaga tingkat persentase rasio BOPO agar tetap dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas (ROA), likuiditas (LDR), risiko kredit (NPL), efisiensi operasi (BOPO), risiko pasar (NIM).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:59
Last Modified: 26 Aug 2022 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51585

Actions (login required)

View Item View Item