Analisis Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnosa Three-Tier Multiple Choice Pada Materi Stoikiometri


Etika Ayu Lestari, - and Harjito, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Nanik Wijayati, - (2021) Analisis Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnosa Three-Tier Multiple Choice Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15 (2). ISSN 1979-0503

[thumbnail of Analisis Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnosa Three-Tier Multiple Choice.pdf] PDF - Published Version
Download (246kB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan pemahaman yang berbeda dengan konsep ilmiah. Miskonsepsi perlu ditindak lanjuti agar tidak menimbulkan variasi-variasi miskonsepsi baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri dan mengetahui temuan-temuan yang diperoleh dari analisis miskonsepsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 8 Semarang pada kelas Xl MIPA 2 dan Xl MIPA 3 dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini mixed method dengan design explanatoris sekuensial. Metode pengumpuIan data kuantitatif dengan metode tes dan angket. Metode data kualitatif dengan metode wawancara. Metode tes dianalisis menggunakan Rasch Model dan klasik untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa. Metode angket yang dianalisis secara klasik dan metode wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Profil miskonsepsi total pada materi stoikiometri sebesar 44,6%. Profil miskonsepsi berdasarkan ketercapaian indikator pemahaman konsep tertinggi sebesar 65%. Faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi pada siswa yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran kimia, cara belajar yang kurang benar, kurangnya keberanian untuk bertanya, motivasi belajar siswa yang rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Stoikiometri, Three-tier Multiple Choice
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:32
Last Modified: 26 Aug 2022 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51582

Actions (login required)

View Item View Item