PENGARUH KUALITAS AUDIT, PENGALAMAN AUDITOR, DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP DETEKSI DINI KECURANGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada KAP di Kota Semarang)


Yudieth Bian Sabatina, 7211417117 (2021) PENGARUH KUALITAS AUDIT, PENGALAMAN AUDITOR, DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP DETEKSI DINI KECURANGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada KAP di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS AUDIT, PENGALAMAN AUDITOR, DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP DETEKSI DINI KECURANGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada KAP di Kota Semarang)] PDF (PENGARUH KUALITAS AUDIT, PENGALAMAN AUDITOR, DAN SKEPTISME PROFESIONAL TERHADAP DETEKSI DINI KECURANGAN DALAM LAPORAN KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada KAP di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan dalam laporan keuangan ialah kesalahan dalam penyajian laporan keuangan perusahaan atau instansi terkait yang dilakukan secara sengaja atau pun tidak disengaja, dimana laporan yang dibuat tidak merepresentasikan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas audit, pengalaman auditor, dan skeptisme profesional terhadap deteksi dini kecurangan dalam laporan keuangan dengan gender sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan dengan metode kuesioner. Populasi dari penelitian ini ialah auditor atau akuntan publik yang bekerja di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik non random sampling yang menghasilkan sejumlah 55 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan ialah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan antara kualitas audit terhadap deteksi dini kecurangan dalam laporan keuangan. Sedangkan variabel pengalaman auditor dan skeptisme profesional tidak menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap deteksi dini kecurangan dalam laporan keuangan. Selain itu, berdasarkan uji hipotesis pengaruh moderasi ditemukan bahwa gender tidak memberikan pengaruh atau tidak dapat memoderasi pengaruh variabel independen (kualitas audit, pengalaman auditor, dan skeptisme profesinal) terhadap deteksi dini kecurangan dalam laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kualitas audit memiliki pengaruh positif signifikan terhadap deteksi dini kecurangan dalam laporan keuangan. Penelitian selanjutnya dapat mengambil populasi dan sampel penelitian dengan jangkauan yang lebih luas untuk bisa mendapatkan sampel yang lebih banyak dan lebih beragam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deteksi Dini Kecurangan dalam Laporan Keuangan, Kualitas Audit, Pengalaman Auditor, Skeptisme Profesional, Gender.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:24
Last Modified: 26 Aug 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51578

Actions (login required)

View Item View Item