Pemanfaatan Aplikasi Google Dalam Pembelajaran Kolaboratif


Murbangun Nuswowati, - and Nur Dina Amalina, - and Sri Kadarwati, - and Harjito, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia (2019) Pemanfaatan Aplikasi Google Dalam Pembelajaran Kolaboratif. Rekayasa, 17 (1). pp. 30-34. ISSN 0216-6631

[thumbnail of Pemanfaatan Aplikasi Google dalam Pembelajaran Kolaboratif.pdf] PDF - Published Version
Download (366kB)

Abstract

Pembelajaran kolaboratif merupakan filsafat interaksi pembelajaran melalui kerjasama, maka hal ini di�lakukan tidak hanya disekolah tetapi juga diluar sekolah, termasuk melalui perangkat internet. Pengab�dian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis internet dengan menggunakan aplikasi google terhadap kemampuan guru dalam menyusun dokumen kurikulum. Bentuk pengabdian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data meggunakan ob�servasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain pengabdian ini menggunakan pre dan post-test only group design, subjek merupakan semua guru pada SDIT Almadina Semarang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif internet dengan menggunakan aplikasi google seperti google sheet, google docs dan google slide berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan guru dalam menyusun dokumen kurikulum secara kolaboratif. Peningkatan kemampuan dalam pengoperasian dan pembuatan dokumen kurikulum menggunakan google sheet, google docs dan google slide sebesar 66.67% (±16.07), 80.00% (±5.00), dan 51.67% (±2.89), masing-masing. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengunaan aplikasi google secara langsung mampu meningkatkan kinerja guru SDIT Almadina dalam pe�nyusunan dokumen kurikulum

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kolaboratif; aplikasi google; dokumen kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:46
Last Modified: 26 Aug 2022 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51569

Actions (login required)

View Item View Item