The Coaching Model for Prospective Science and Mathematics Teachers from the Achievement and KIPK Paths


Parmin, FMIPA Pendidikan IPA and Agus Yulianto, - and Eling Purwantoyo, - and Ibnul Mubarok, - and Iwan Junaedi, - (2022) The Coaching Model for Prospective Science and Mathematics Teachers from the Achievement and KIPK Paths. Jurnal Mimbar Ilmu, 27 (2). ISSN 1829-877X

[thumbnail of The Coaching Model for Prospective Science and Mathematics Teachers from the Achievement and KIPK Paths.pdf] PDF - Published Version
Download (249kB)

Abstract

Analisis capaian prestasi mahasiswa angkatan tahun 2019 menemukan fakta baru bahwa ada kecenderungan penurunan prestasi yang diraih mahasiswa yang masuk melalui jalur prestasi dan jalur Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Persentase prestasi mahasiswa kedua jalur kurang dari 5%. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembinaan prestasi mahasiswa calon guru sains dan matematika dari jalur prestasi dan KIPK. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan model pembinaan mahasiswa yang melibatkan pakar manajemen pendidikan untuk memvalidasi model yang dikembangkan. Penelitian memperoleh hasil dimana model pembinaan prestasi mahasiswa dinyatakan layak digunakan oleh pakar. Hasil ujicoba keterterapan model dalam skala luas melibatkan 240 calon guru sains dan matematika. Persentase mahasiswa yang meraih prestasi selama satu semester dari jalur prestasi 16% dan dari jalur KIPK 25% Model pembinaan telah menaikkan prestasi mahasiswa yang sebelumnya kurang dari 5% untuk kedua jalur. Kesimpulannya, model pembinaan prestasi mahasiswa dari penelitian ini dapat menjadi cara baru dalam melanjutkan budaya untuk berprestasi semasa di sekolah dan perguruan tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Productivity, student, achievement, Indonesia smart card.
Subjects: L Education > L Education (General) > interpersonal competence
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Aug 2022 00:28
Last Modified: 26 Aug 2022 00:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51563

Actions (login required)

View Item View Item