(ABSTRAK) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHEM-MINIBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI CHEMO ENTREPRENEURSHIP (CEP) DALAM POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SEMARANG


Kusnadi , 4301406024 (2010) (ABSTRAK) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHEM-MINIBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI CHEMO ENTREPRENEURSHIP (CEP) DALAM POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHEM-MINIBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI CHEMO ENTREPRENEURSHIP (CEP) DALAM POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHEM-MINIBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI CHEMO ENTREPRENEURSHIP (CEP) DALAM POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SEMARANG) - Published Version
Download (96kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MAN 1 Semarang kelas XI IPA tahun ajaran 2008/2009, diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kurang dari 85% dan aktivitas belajar siswa yang rendah, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat dan dengan bantuan media untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan CEP adalah pendekatan pembelajaran kimia yang mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan objek nyata dan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan pendekatan CEP dengan menggunakan media Chem-Minibook. Pengemasan Chem-Minibook berorientasi CEP yang menarik, penuh warna dan gambar akan mendukung materi yang sedang dipelajari dan membuat minat siswa meningkat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunaan Chem-Minibook sebagai media pembelajaran berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) dalam pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN 1 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menerapkan pendekatan CEP menggunakan media Chem-Minibook. Desain penelitian yang digunakan pre-test – post-test group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil uji estimasi rata-rata diperoleh hasil belajar kelompok eksperimen berkisar antara 72,90-77,23 dan kelompok kontrol antara 67,05-72,55 dan dari hasil uji estimasi proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelompok eksperimen berkisar antara 82,6%-100%, sedangkan pada kelompok kontrol berkisar antara 61%-89%. Berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 91,7% dan kelompok kontrol sebesar 75%. Hasil belajar psikomotorik teramati melalui pelaksanaan praktikum di laboratorium dalam pembuatan produk. Hasil belajar psikomotorik rata-rata kelas eksperiman sebesar 67,77, Sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 61,09. Hasil belajar afektif dilihat dari angket kondisi awal siswa. Rerata skor kelas eksperimen 3,94 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 3,8. Simpulan yang diperoleh menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Chem-Minibook berorientasi CEP efektif terhadap hasil belajar siswa. --------------------------------------------------> The result of preliminary studies conducted by researchers at MAN 1 Semarang class XI IPA 2008/2009 academic year, data showed that students' mastery of classical material and the product of solubility solubility of less than 85% and low student learning activities, thus it needs the right approach and with help the media to draw attention to students in the learning process. CEP approach is a learning approach that links chemical material that is being studied with real objects and foster the spirit of entrepreneurship In this study, researchers apply the CEP approach by using the media Chem-minibook.The form of chem-minibook is attractive, colourful and pictureful that will make students more interested in study. Chem-minibook is expected to be used as a learning medium to help students in understanding material of solubility easily. This research is aimed to know how effective of using chem-minibook in studying which has intention to chemoentrepreneurship oriented (CEP) treated on students of MAN 1 Semarang. The population of this study is science class grade XI. Samples are taken randomly using cluster random sampling technique focusing on grade XI-IPA 3. They are given treatment of CEP after being given homogeneity test. The research design use pre-test, post-test group design. Method of collecting data is derived from documentation, test, observation, and questionnaire. Based on the result, it is obtained the average of learning outcome of experimental group ranged from 72.90-77.23 and control group ranged from 67.05-72.5.the outcome of students who achieve the material in experimental group ranged from 82.6-100%, while in control group ranged from 61-89%. Based on the outcome of learning achievement, the percentage of learning on experimental group is 91.7% and in control group is 75%. The psychomotor aspect can be seen through activity process in making product conducted in laboratory. The result is 67.77% in experimental group, while in control group is 61.09. The effective outcome can be seen through questionnaire in first questionnaire while is given to the students. It is obtained that the average of experimental group is 3.94 higher than control group which is only about 3.8. The conclusion is learning using chem-minibook oriented to chemoentyrepreneurship is effective for students learning process.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CEP, media Chem-Minibook, hasil belajar CEP Approach, Chem-minibook. learning outcome
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 01:01
Last Modified: 03 Oct 2011 01:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item View Item