Pengaruh Guided Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan


Khairiatul Muna, - and Sri Haryani, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia (2016) Pengaruh Guided Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Journal of Innovative Science Education, 5 (1). ISSN 2252-6412

[thumbnail of Pengaruh Guided Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan.pdf] PDF - Published Version
Download (313kB)

Abstract

Suatu model pembelajaran tertentu dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan metakognisi siswa. Keterampilan metakognisi merupakan keterampilan yang mempengaruhi kesuksesan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan mix method dan strategi concurrent triangulation ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh guided inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi siswa dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan guided inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 16.48%. Adanya pengaruh guided inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi ini dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan, interaksi kolaboratif siswa, serta peran guru sebagai fasilitator. Selain itu, peningkatan keterampilan metakognisi siswa berada pada kriteria tinggi dan sedang. Guided inquiry learning ini dapat menjadi pilihan model pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan metakognisi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guided inquiry learning, metacognitive skills, solubility material, solubility product
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:23
Last Modified: 25 Aug 2022 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51556

Actions (login required)

View Item View Item