Pengaruh Guided Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan
Khairiatul Muna, - and Sri Haryani, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia (2016) Pengaruh Guided Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Journal of Innovative Science Education, 5 (1). ISSN 2252-6412
PDF
- Published Version
Download (313kB) |
Abstract
Suatu model pembelajaran tertentu dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan metakognisi siswa. Keterampilan metakognisi merupakan keterampilan yang mempengaruhi kesuksesan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan mix method dan strategi concurrent triangulation ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh guided inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi siswa dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan guided inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 16.48%. Adanya pengaruh guided inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi ini dikarenakan kegiatan yang dilaksanakan, interaksi kolaboratif siswa, serta peran guru sebagai fasilitator. Selain itu, peningkatan keterampilan metakognisi siswa berada pada kriteria tinggi dan sedang. Guided inquiry learning ini dapat menjadi pilihan model pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan metakognisi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided inquiry learning, metacognitive skills, solubility material, solubility product |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 07:23 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 07:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51556 |
Actions (login required)
View Item |