Peningkatan Life Skill Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Pendekatan Game Simulation


Nanik Wijayati, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Yeni Anita Sari, - (2009) Peningkatan Life Skill Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Pendekatan Game Simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (1). pp. 354-359. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Peningkatan Life Skill Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Pendekatan Game Simulation.pdf] PDF - Published Version
Download (154kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan guru, ternyata hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Ibu Kartini Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru. Penggunaan pendekatan game simulation, diharapkan dapat meningkatkan kecakapan hidup (life skill) dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refl eksi. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah kecakapan hidup siswa dan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat hasil belajar siswa yaitu secara klasikal 85% siswa mencapai ketuntasan belajar individual minimal 65%. Berdasarkan analisa data hasil penelitian, rata-rata kecakapan hidup (life skill) siswa meningkat dari pada siklus I(86%), siklus II (71.52%), dan siklus III (75.02%). Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 71.05 (siklus I), 75.27 (siklus II), dan 82.24 (siklus III)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: game simulation, life skill
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:04
Last Modified: 25 Aug 2022 06:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51545

Actions (login required)

View Item View Item