Metode Outdoor Learning Dalam Menggambar Bentuk Berbasis Panduan Kinerja Siswa


Yulia Rahmawati, - and Joko Widodo, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia (2016) Metode Outdoor Learning Dalam Menggambar Bentuk Berbasis Panduan Kinerja Siswa. Journal of Educational Research and Evaluation, 5 (1). ISSN 2252-6420

[thumbnail of Metode Outdoor Learning Dalam Menggambar Bentuk Berbasis Panduan Kinerja Siswa.pdf] PDF - Published Version
Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku panduan guru penilaian kinerja siswa menggambar bentuk yang valid, reliabel, dan praktis. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Pengecekan keabsahan data kualitatif dengan triangulasi data. Pengumpulan data kuantitatif diperoleh dengan menguji validitas dan reliabilitas. Validasi isi dengan metode expert judgement, pengujian reliabilitas menggunakan interrater reliability berbantuan program Genova. Model pengembangan mengacu pada model Borg and Gall, yang dibatasi sampai langkah ke-9. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Buku panduan guru valid secara isi dengan persentase 80,73% dan reliabel dengan nilai koefisien reliabilitas (r) 0,82 untuk aspek psikomotorik serta 0,72 untuk aspek afektif siswa. Hasil belajar psikomotorik siswa mencapai ketuntasan belajar, kelas VII B terdapat 30 siswa dari 34 siswa memperoleh nilai ≥75, kelas VII E terdapat 31 siswa dari 34 siswa memperoleh nilai ≥75, dan kelas VII F terdapat 32 siswa dari 34 siswa memperoleh nilai ≥75. Hasil angket respon siswa dan guru menunjukkan buku panduan guru dalam kategori praktis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: outdoor learning methode, still life drawing,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:49
Last Modified: 25 Aug 2022 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51531

Actions (login required)

View Item View Item