Model Evaluasi Praktikum Kimia Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia (2012) Model Evaluasi Praktikum Kimia Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16 (1).
PDF
- Published Version
Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model evaluasi program yang teruji, untuk mengevaluasi kualitas praktikum kimia. Pengembangan model evaluasi program terdiri atas empat variabel sebagai komponen model yaitu: (1) environmemt context yang dieksplanasi menjadi environment, laboratory work, technology and society; (2) evaluasi Input; (3) evaluasi process; dan (4) evaluasi result yang disesuaikan dengan praktikum kimia analisis dasar. Penetapan konstruk instrumen terdiri atas instrumen penilaian model dan instrumen penilaian kinerja mahasiswa dilakukan melalui pendapat: (1) pakar evaluasi; (2) pakar psikometri, dan (3) praktisi laboratorium. Subjek coba penelitian ini terdiri atas mahasiswa dan praktisi. Uji model evaluasi program dilakukan dengan uji: (1) utility; (2) feasibility; (3) proprietly; dan (4) accuracy. Uji kecocokan model untuk mengetahui reliability komponen program dan goodness of fit index menggunakan program Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program yang dikembangkan diberi nama model ECIPR sudah teruji memenuhi kriteria: (1) utility; (2) feasibility; (3) proprietly; dan (4) accuracy. reliability untuk komponen Environment context=0,8649, input=0,8429, process=0,7828, result=0,9560. Goodness of fit index: p = 0,107 RMSEA=0,051, GFI=0,910. Dampak implentasi model yang dikembangkan terbukti dapat meningkatkan kinerja mahasiswa, keterampilan dan pengalaman laboratorium mahasiswa sebagai sasaran program.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model evaluasi program, praktikum kimia, keterampilan laboratorium |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 03:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 03:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51526 |
Actions (login required)
View Item |