Analisis Efisiensi Teknis Pengeluaran Pemerintah Daerah dalam Bidang Pendidikan Tahun 2016-2019


Rizki Nurlia Cahya, 7111416119 (2021) Analisis Efisiensi Teknis Pengeluaran Pemerintah Daerah dalam Bidang Pendidikan Tahun 2016-2019. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of Analisis Efisiensi Teknis Pengeluaran Pemerintah Daerah dalam Bidang Pendidikan Tahun 2016-2019] PDF (Analisis Efisiensi Teknis Pengeluaran Pemerintah Daerah dalam Bidang Pendidikan Tahun 2016-2019)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengeluaran pemerintah dalam bidang pendidikan di provinsi-provinsi di Indonesia selama tahun 2016-2019 cenderung mengalami peningkatan namun masih rendah dalam capaian pendidikan serta kurangnya pemerataan fasilitas pelayanan pendidikan untuk seluruh daerah dan setiap jenjang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis tingkat efisiensi teknis biaya, teknis sistem, dan strategi perbaikan untuk daerah yang masih inefisien di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari publikasi website resmi instansi-intansi terkait yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi Variable Return to Scale (VRS) yang berorientasi pada input untuk mengukur efisiensi teknis biaya dan berorietasi pada output untuk mengukur efisiensi teknis sistem. Pada pengukuran efisiensi teknis biaya, penelitian ini menggunakan belanja pendidikan sebagai variabel input serta rasio guru murid dan rasio kelas murid sebagai variabel output. Sedangkan pada pengukuran efisiensi teknis sistem, penelitian ini menggunakan rasio guru murid dan rasio kelas murid sebagai variabel input serta angka partisipasi murni, rata-rata lama sekolah, dan nilai hasil ujian nasional sebagai variabel outputnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata efisiensi teknis biaya selama tahun 2016-2019 terdapat 13 provinsi atau 38,2 persen yang efisien dan rata-rata efisiensi teknis sistem terdapat 12 provinsi atau 35,29 persen yang efisien sehingga menunjukkan adanya penggunaan anggaran yang belum optimal dan kurangnya pemerataan fasilitas layanan pendidikan. Strategi perbaikan berdasarkan potential improvement tahun 2019 perlu dilakukan untuk 28 provinsi yang masih inefisien secara teknis biaya dan/atau teknis sistem dengan mengurangi atau meningkatkan input dan output sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah melakukan koreksi atas penggunaan anggaran belanja pendidikan agar efisien, redistribusi fasilitas dan pelayanan pendidikan agar merata untuk seluruh masyarakat, dan mengaplikasikan strategi perbaikan berdasarkan potential improvement untuk daerah-daerah yang inefisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Pengeluaran Pemerintah, Belanja Pendidikan, DEA, Efisiensi Teknis Biaya, Efisiensi Teknis Sistem, Potential Improvement
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:37
Last Modified: 25 Aug 2022 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51516

Actions (login required)

View Item View Item