ANALISIS PENGANGGURAN TERDIDIK LULUSAN UNIVERSITAS DI PULAU JAWA TAHUN 2010-2020


PUTRI SURI KINASIH, 7111415060 (2021) ANALISIS PENGANGGURAN TERDIDIK LULUSAN UNIVERSITAS DI PULAU JAWA TAHUN 2010-2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS PENGANGGURAN TERDIDIK LULUSAN UNIVERSITAS DI PULAU JAWA TAHUN 2010-2020] PDF (ANALISIS PENGANGGURAN TERDIDIK LULUSAN UNIVERSITAS DI PULAU JAWA TAHUN 2010-2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pulau Jawa termasuk salah satu daerah dengan tingkat pengangguran tinggi secara nasional, hal ini menjadi perhatian mengingat Pulau Jawa merupakan pust perkonomian dan pendidikan Indonesia. Namun tingkat pengangguran terdidik di Pulau Jawa masih tergolong tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tinginya pengangguran terdidik lulusan universitas di pulau Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data panel yaitu kombinasi time series dan cross section yang diuji dengan metode analisis regresi Fixed Effect dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengujian secara parsial digunakan uji t-Statistik dan pengujian secara serempak digunakan uji F-statistik, dimana pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews 10. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperolah dari website Badan Pusat Statistik di setiap provinsi di Pulau Jawa tahun 2010-2020. Variabel penelitian ini adalah upah minimum provinsi, pertumbuhan ekonomi, penanaman modal asing, dan inflasi. Hasil dari penelitian ini adalah variable pertumbuhan ekonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengangguran terdidik lulusan universitas di pulau Jawa, sedangkan variable upah minimum provinsi, penanaman modal asing dan inflasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Model estimasi regresi data panel yang digunakan adalah model Fixed Effect dimana hasil uji koefesien determinasi (R2) untuk empat variabel independen ( UMP, Pertumbuhan Ekonomi, PMA, dan Inflasi) dan satu variabel dependen Y (Pengangguran Terdidik Lulusan Universitas di Pulau Jawa) menghasilkan besarnya nilai R2 sebesar 69,49%. Hasil tersebut menunjukan bahwa variasi variabel dependen pengangguran terdidik lulusan universitas dapat dijelaskan dengan baik oleh keempat variabel independenya yaitu UMP, Pertumbuhan Ekonomi, PMA, dan Inflasi. Sedangkan untuk sisanya sebesar 30,51% dijelaskan oleh variabel residual dengan model lain yang tidak dimasukkan di dalam model tersebut. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) pemerintah serta pihak perusahaan lebih memperhatikan lagi kesejahteraan masyarakat mau karyawan perusahaan nya, (2) pemerintah dapat menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi serta lebih memperhatikan kebijakan-kebijakan makro yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, (3) pemerintah dapat mengoptimalisasi peran investasi asing yang sudah berdiri di Indonesia untuk dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja, (4) pemerintah dapat memberikan subsidi atau membuat peraturan yang mendorong perusahaan menjadi lebih produktif sehingga mampu menambah hasil produksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengangguran Terdidik, Upah Minimum Provinsi, Pertumbuhan ekonomi, Penanaman Modal Asing, Inflasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:47
Last Modified: 25 Aug 2022 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51513

Actions (login required)

View Item View Item