PENGARUH SIKAP, TEMAN SEBAYA, DAN PERSEPSI MAHASISWA PADA REPUTASI PROGRAM STUDI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMILIH INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP)


Dwi Ratnasari, 7101417194 (2021) PENGARUH SIKAP, TEMAN SEBAYA, DAN PERSEPSI MAHASISWA PADA REPUTASI PROGRAM STUDI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMILIH INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP, TEMAN SEBAYA, DAN PERSEPSI MAHASISWA PADA REPUTASI PROGRAM STUDI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMILIH INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP)] PDF (PENGARUH SIKAP, TEMAN SEBAYA, DAN PERSEPSI MAHASISWA PADA REPUTASI PROGRAM STUDI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMILIH INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan tindakan yang dilakukan untuk menentukan pilihan yang tepat dari berbagai alternatif pilihan yang ada. Berdasarkan observasi awal pada 30 responden, menyatakan bahwa sebesar 71,38% pengambilan keputusan dalam memilih IUP tidak sesuai dengan keinginan mereka. Penelitian yang dilakukan oleh Nafia dan Murniawaty (2019) sikap tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, namun penelitian Maknunah dan Sudiasmo (2020) sikap berpengaruh terhadap pengambilan keputusan; penelitian Hikmah (2020) teman sebaya tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan penelitian Rababah (2016) reputasi program studi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Namun penelitian Cholila (2017) teman sebaya dan reputasi program studi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sikap, teman sebaya, dan persepsi mahasiswa pada reputasi program studi terhadap pengambilan keputusan mahasiswa PE UNNES dalam memilih IUP. Populasi dalam penelitian ini adalah 174 mahasiswa PE kelas IUP, UNNES yang terdiri dari angkatan 2018, 2019, dan 2020 dengan program studi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Koperasi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik area propotional random sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 122 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan teman sebaya berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap pengambilan keputusan memilih IUP, sedangkan sikap dan persepsi mahasiswa pada reputasi program studi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan memilih IUP. Terdapat pengaruh signifikan sikap, teman sebaya dan persepsi mahasiswa pada reputasi program studi secara simultan terhadap pengambilan keputusan memilih IUP sebesar 82,5% dengan signifikansi 0,000. Adapun persamaan regresi linear berganda diperoleh Y = 3,513 + 1,310X1 + 0,018X2 + 0,469X3 + e. Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu mahasiswa PE UNNES untuk lebih meningkatkan faktor sikap dan tidak mempertimbangkan saran dari teman sebaya dalam pengambilan keputusan. PE IUP sebaiknya menjaga dan meningkatkan reputasi program studi dengan cara meningkatkan prestasi, aksesibilitas lulusan terhadap dunia kerja, dan peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, Sikap, Teman Sebaya, dan Persepsi Mahasiswa pada Reputasi Program Studi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:36
Last Modified: 25 Aug 2022 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51511

Actions (login required)

View Item View Item