Book Chapter Kimia Jilid 1


Ratna Dewi Kusumaningtyas,, FT Teknik Kimia (2022) Book Chapter Kimia Jilid 1. Penerbit LPPM Universitas Negeri Semarang, Semarang.

[thumbnail of 3. Ekstraksi Asam Lemak Omega-3 dari Daun Krokot (Portulaca Oleracea L.) dengan Pelarut Alkohol Food Grade dan Enkapsulasi Menggunakan Metode Plate-Drying - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

“Bookchapter Inovasi Kimia” ini terdiri dari sembilan bab, yang masing-masing ditulis oleh kelompok peneliti yang mempunyai latar belakang keilmuan di bidang kimia. Dalam bab 1, menjelaskan tentang penggunaan limbah cangkang udang sebagai bahan bahan dasar pembuatan kitin dan kitosan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai ekonomi cangkang udang. Kitin dan kitosan dari cangkang udang berhasil disintesis dan memiliki karakteristik sesuai dengan Protan Laboratories dan SNI 7949:2013. Hasil karakterisasi kitin meliputi kadar air sebesar 1,92%, kadar abu 2,06% serta nilai derajat deasetilasi sebesar 51,55%. Hasil karakterisasi kitosan meliputi kadar air sebesar 1,92%, kadar abu 2,06% serta nilai derajat deasetilasi sebesar 71,20%. Dalam bab 2 membahas tentang kajian untuk mengetahui pengaruh durasi pencampuran terhadap sifat mekanik pada material crucible yang dihasilkan. Spesimen crucible dibuat dengan mencampurkan semen tahan api, limbah evaporation boats, dan kaolin dengan komposisi tertentu. Proses pencampuran bahan dilakukan selama 30, 60 dan 90 menit dengan penambahan air sebanyak 15% dari total berat material. Spesimen dengan durasi mixing yang paling lama (90 menit) memiliki kekersan yang paling tinggi dikarenakan campuran bahan yang dihasilkan lebih homogen dibandingkan spesimen yang lain.

Item Type: Book
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:11
Last Modified: 25 Aug 2022 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51509

Actions (login required)

View Item View Item