PENERAPAN IMMEDIATE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) DARING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ)


Meilina Farihah, 4101416029 (2021) PENERAPAN IMMEDIATE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) DARING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN IMMEDIATE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) DARING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ)] PDF (PENERAPAN IMMEDIATE FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) DARING PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemgaruh model pembelajaran PBL daring dengan Immediate feedback pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari intelligence quotient pada model pembelajaran PBL daring dengan Immediate feedback. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain sequential explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Mutual Kota Magelang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas VIII Farid Ma’ruf terpilih sebagai sampel. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII Farid Ma’ruf masing-masing dua siswa yang mewakili golongan inetellgence quotient. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji rata-rata, uji proporsi. Data kualitatif dianalisis menggunakan uji keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan Penarikann simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran PBL daring dengan Immediate feedback berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari IQ adalah (a) subjek dengan IQ superior mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis (b) subjek dengan IQ di atas rata-rata mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis serta mampu menjelaskan dengan lancar dan dengan alasan yang logis (c) subjek dengan IQ rata-rata hanya mampu memenuhi kurang dari sama dengan satu indikator serta tidak dapat menjawab soal dengan tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Immediate feedback, kemampuan berpikir kreatif matematis, Pembelajaran PBL, inetellence Quotient.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:07
Last Modified: 25 Aug 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51508

Actions (login required)

View Item View Item