EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Hanis Aulia, 4001417067 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari model SFAE berbantuan Edmodo terhadap kemampuan problem solving peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, tes, dan angket. Analisis pengaruh dan efektivitas model SFAE berbantuan Edmodo menggunakan analisis N-gain dan uji komparatif t-test related. Hasil analisis N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan problem solving pada kelas eskperimen sebesar 0,45 dan kelas kontrol sebesar 0,20. Hasil uji komparatif t-test related menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan problem solving kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan t hitung (3,97) > t tabel (2,0003). Hasil angket tanggapan peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan model SFAE berbantuan edmodo menunjukkan respon sangat baik sebesar 88,4 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SFAE berbantuan Edmodo efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining, Edmodo, Kemampuan Problem Solving
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:58
Last Modified: 25 Aug 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51505

Actions (login required)

View Item View Item