PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, ORIENTASI PEMBELIAN DAN GAYA HIDUP KONSUMSI SEHAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Dina Wahyu Cahyaningrum, 7101417075 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, ORIENTASI PEMBELIAN DAN GAYA HIDUP KONSUMSI SEHAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, ORIENTASI PEMBELIAN DAN GAYA HIDUP KONSUMSI SEHAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)] PDF (PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, ORIENTASI PEMBELIAN DAN GAYA HIDUP KONSUMSI SEHAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan pembelian produk ramah lingkungan adalah suatu proses dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pembelian produk hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan lingkungan, orientasi pembelian, dan gaya hidup konsumsi sehat terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES angkatan 2017 yang berjumlah 856 dengan sampel yang ditentukan berjumlah 273 orang. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan metode proportionate random sampling. Data penelitian menggunakan data primer yang dihasilkan dari kuesioner dan tes. Pengujian instrumen kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas sedangkan pengujian instrumen tes menggunakan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda adalah Y= -4,864 + 0,322 X1 + 0,221 X2 + 0,418 X3 + e. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan yaitu variabel gaya hidup konsumsi sehat sebesar 27,45%. Sedangan pengaruh variabel pengetahuan lingkungan terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan sebesar 4,84% dan pengaruh variabel orientasi pembelian terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan sebesar 7,89%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh secara positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan, orientasi pembelian, dan gaya hidup konsumsi sehat terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES angkatan 2017. Saran dari penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan lingkungan dan orientasi pembelian terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang ramah lingkungan agar dapat menjaga lingkungan. Bagi peneliti selanjutnya, perlu mengkaji atau menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi keputusan pembelian produk ramah lingkungan, serta memperluas subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Lingkungan, Orientasi Pembelian, Gaya Hidup Konsumsi Sehat, Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:51
Last Modified: 25 Aug 2022 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51504

Actions (login required)

View Item View Item