KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM BERPENDEKATAN INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA


Ainur Rohmatul Lutfiatus Sholihah, 4001417048 (2021) KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM BERPENDEKATAN INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM BERPENDEKATAN INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA] PDF (KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM BERPENDEKATAN INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis yang masih rendah khususnya pada materi fisika salah satunya disebabkan oleh belum diterapkannya pembelajaran students centered pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model flipped classroom berpendekatan ISLE untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dari populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jekulo Kudus tahun ajaran 2020/2021. Data hasil keterampilan berpikir kritis diambil menggunakan metode tes pilihan ganda beralasan. Hasil yang diperoleh menggunakan uji paired samples t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada penerapan model tersebut terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diukur menggunakan N-Gain menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom berpendekatan ISLE efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, ISLE, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:28
Last Modified: 25 Aug 2022 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51502

Actions (login required)

View Item View Item