ANALISIS SPASIAL ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK PENENTUAN ZONA KERENTANAN DAN RISIKO DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Zona Berisiko Kecamatan Bandungan)


Alfia Nur Hayati, 6411416070 (2021) ANALISIS SPASIAL ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK PENENTUAN ZONA KERENTANAN DAN RISIKO DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Zona Berisiko Kecamatan Bandungan). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS SPASIAL ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK PENENTUAN ZONA KERENTANAN DAN RISIKO DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Zona Berisiko Kecamatan Bandungan)] PDF (ANALISIS SPASIAL ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK PENENTUAN ZONA KERENTANAN DAN RISIKO DI KABUPATEN SEMARANG (Studi Kasus di Zona Berisiko Kecamatan Bandungan)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kasus Covid-19 di Jawa Tengah sebanyak 11.007 orang positif dengan 1.014 kematian dan merupakan 10 besar provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia. Jumlah kasus di Kabupaten Semarang sebanyak 308 orang positif Covid-19 dan 37 orang meninggal yang tersebar di 19 kecamatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder (ADS) dan instrumen yang digunakan lembar pencatatan. Analisis data menggunakan analisis spasial berupa SIG. Objek dalam penelitian ini adalah aspek kesehatan lingkungan meliputi kepadatan penduduk sedangkan faktor perilaku yaitu gizi seimbang, aktivitas fisik, air bersih dan ctps dan subjek penelitian ini kejadian Covid-19 pada seluruh desa di Kecamatan Bandungan. Hasil menunjukkan bahwa kepadatan penduduk (9 desa), gizi seimbang (5 desa), aktivitas fisik (5 desa), air bersih (5 desa), ctps (6 desa) berkontribusi terhadap persebaran kasus Covid-19. Saran penelitian ini adalah melakukan tindakan pencegahan atau preventif dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak fisik, menghindari tempat yang ramai, dan memakai masker.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis spasial, Covid-19, kerentanan dan risiko
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:03
Last Modified: 24 Aug 2022 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51491

Actions (login required)

View Item View Item