STUDI EKSPLORATIF DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN BUNG KARNO UNGARAN


Wahyu Utami, 3601417060 (2021) STUDI EKSPLORATIF DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN BUNG KARNO UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI EKSPLORATIF DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN BUNG KARNO UNGARAN] PDF (STUDI EKSPLORATIF DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN BUNG KARNO UNGARAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ungaran sebagai Ibukota Kabupaten Semarang yang terdapat salah satu ruang publik yaitu Alun-Alun Bung Karno yang diresmikan tahun 2014 oleh Bupati Kabupaten Semarang. Ungaran merupakan salah satu daerah yang terkena dampak pandemi Covid-19. Selama pandemi masyarakat mengalami penurunan ekonomi terutama para pedagang kaki lima, seperti pedagang kaki lima di AlunAlun Bung Karno Ungaran. Pandemi Covid-19 saat ini menjadi dampak dalam bidang perekonomian. Setelah diterbitkan surat edaran Nomor: 440/ 001077 pada tanggal 31 Maret 2020 oleh bupati Semarang tentang Penutupan Tempat Usaha dalam Rangka Kewaspadaan Terhadap Penularan Covid-19 di Kabupaten Semarang. Hal tersebut menjadi dampak bagi pedagang kaki lima dalam segi ekonomi. Dengan adanya pandemi saat ini terdapat perilaku masyarakat yang mengalami perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai dampak sosial ekonomi pedagang kaki lima di Alun-Alun Bung Karno Ungaran menggunakan studi eksploratif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di Alun-Alun Bung Karno Ungaran Kelurahan Kalirejo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan icendental sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) akibat penetapan sejumlah kebijakan Pandemi Covid-19 muncul sejumlah dampak yang terjadi pada masyarakat baik bersifat negatif maupun positif. Berkurangnya intensitas interaksi sosial antara pedagang dan pengunjung Alun-alun Bung Karno Ungaran menjadi salah satu dampak negatif yang ditimbulkan. Meski begitu dampak positif dapat dirasakan setelah penetapan New Normal yaitu saat ini masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan serta kesehatan; 2) dampak sosial yang terjadi tentu berbanding lurus dengan timbulnya dampak ekonomi. Sebab kegiatan ekonomi berjalan seiring dengan kegiatan sosial di masyarakat. Akibat dari adanya pembatasan aktivitas sosial selama masa pandemi Covid-19, sejumlah kegiatan ekonomi harus dihentikan sementara, tidak terkecuali para pedagang disekitar Alun-alun Bung Karno Ungaran. Akibatnya para pedagang harus kehilangan penghasilan mereka selama beberapa waktu. Saran dalam penelitian ini adalah pemerintah dapat melakukan pemberdayaan, pemantauan, sosialisasi protokol kesehatan dan sosialisasi digital marketing kepada pedagang maupun masyarakat. Pedagang dapat menerapkan sistem delivery, menggunakan media online dan menerapkan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pedagang Kaki Lima, Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:04
Last Modified: 24 Aug 2022 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51488

Actions (login required)

View Item View Item