PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA FUTSAL SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020


Jelang Surya Denhas, 6301416096 (2021) PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA FUTSAL SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA FUTSAL SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020] PDF (PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA FUTSAL SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Semarang selama ini dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki masyarakat dengan antusiasme sangat tinggi terhadap futsal Banyaknya penggemar futsal tentunya akan mengundang minat dan keinginan untuk mengadakan sebuah pertandingan. Pertandingan futsal juga kerap dilaksanakan di sekolah, universitas, atau instansi-instansi lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode triangulasi data yang terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara dan dokumentasi. Model analisis data pada penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil dan simpulan penelitian sebagai berikut: Strength: fasilitas olahraga yang ada di sebagian besar sekolah cukup memadai, Weakness: beberapa sekolah belum memiliki peralatan ekstrakurikuler futsal yang memenuhi standar latihan berkualitas, Opportunities: pemberian reward atau penghargaan dari sekolah kepada siswa yang berprestasi, se Threat: penurunan prestasi karena tidak ada kompetisi futsal. Saran yang diberikan sebagai berikut: Perlu adanya laporan dan evaluasi terkait ekstrakurikuler futsal, perlu dilakukan perbaikan atau penambahan fasilitas dan peralatan ekstrakurikuler futsal, mengadakan kompetisi futsal sesering mungkin agar prestasi tidak menurun, dan merekrut pelatih futsal yang memiliki sertifikasi kepelatihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, ekstrakurikuler futsal, SMA
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:39
Last Modified: 23 Aug 2022 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51485

Actions (login required)

View Item View Item