PROFIL PERSONALITY ATLET RENANG DI CLUB PSSC (PEMALANG SACK SWIMMING CLUB) KABUPATEN PEMALANG


Gian Meliana Rizqi Listyani, 6102417017 (2021) PROFIL PERSONALITY ATLET RENANG DI CLUB PSSC (PEMALANG SACK SWIMMING CLUB) KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PROFIL PERSONALITY ATLET RENANG DI CLUB PSSC (PEMALANG SACK SWIMMING CLUB) KABUPATEN PEMALANG] PDF (PROFIL PERSONALITY ATLET RENANG DI CLUB PSSC (PEMALANG SACK SWIMMING CLUB) KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kepribadian atlet renang di Club PSSC, karena kepribadian berpengaruh pada prestasi atlet. Peran kepribadian sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri kepribadian atlet yang dimiliki. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana Profil Personality Atlet Renang di Club PSSC (Pemalang Sack Swimming Club) Kabupaten Pemalang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Profil Personality Atlet Renang di Club PSSC (Pemalang Sack Swimming Club) Kabupaten Pemalang. Sesuai dengan Sport Personality Questionaire 20. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Club PSSC Kabupaten Pemalang dengan sampel 30 atlet. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ms.Excel dan dianalisis sesuai dengan norma-norma SPQ 20. Hasil penelitian ini terdiri dari 4 aspek indikator yaitu prestasi dan daya saing berada pada level rata-rata, keyakinan dan ketahanan berada pada level rata-rata, interaksi dan sportivitas berada pada level rata-rata, kekuasaan dan agresivitas berada pada level rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah profil personality atlet renang di Club PSSC menunjukan ke 3 aspek indikator Achievement and competitiveness terdapat 7 sub indikator. Kemudian indikator kedua confidence and resilience terdapat 8 sub indikator. Selanjutnya indikator ketiga interaction and sportsmanship terdapat 3 sub indikator, dari keseluruhan sub indikator tersebut menunjukan hasil rata-rata dan 1 aspek indikator power and aggressiveness terdapat 2 sub menunjukkan hasil rendah. Saran untuk atlet agar meningkatkan power, dan harus lebih percaya diri, atlet harus membiasakan kepribadian yang baik agar dapat menghasilkan performa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Personality Atlet Renang PSSC
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:21
Last Modified: 23 Aug 2022 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51466

Actions (login required)

View Item View Item