PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA ATLETIK DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019


EKA ERISZA PUTRI, 6101415115 (2021) PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA ATLETIK DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA ATLETIK DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019] PDF (PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA ATLETIK DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam permasalahan ini adalah prestasi cabang olahraga atletik yang kurang maksimal terbukti mengalami penurunan perolehan medali ditahun 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaaan prestasi cabang olahraga atletik di PASI Kabupaten Kendal. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengurus, Pelatih, dan Atlet. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan pemasalan dan pembibitan cabang olahraga atletik di PASI Kabupaten Kendal dilakukan dengan cara memperkenalkan olahraga atletik pada saat kegiatan seleksi terbuka atau melalui pengamatan langsung dengan pihak sekolah. Cabang olahraga atletik PASI Kabupaten Kendal memiliki prestasi yang cukup baik karena sarana prasarana yang sudah mendukung, mempunyai pelatih yang berkualitas memiliki sertifikat Level 3 IAAF, dan adanya intensif serta bonus bagi atlet berprestasi. Simpulan penelitian ini yaitu. pembinaan prestasi cabang olahraga atletik PASI Kabupaten Kendal tahun 2019 mengalami penurunan perolehan medali. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu PASI Kabupaten Kendal diharapkan terus mencari atlet yang potensial untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi atletik Jawa Tengah dikancah Nasional dan Internasional. Begitu pula untuk PASI Kabupaten Kendal yang telah mengupayakan sarana prasarana yang ada. Maka saran bagi para pelatih adalah senantiasa memantau perkembangan atlet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, dan Atlet
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:27
Last Modified: 23 Aug 2022 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51459

Actions (login required)

View Item View Item