INOVASI CANTING CAP BATIK DARI TEMBAGA LIMBAH ELEKTRONIK


Devi Permatasari, 5403416014 (2021) INOVASI CANTING CAP BATIK DARI TEMBAGA LIMBAH ELEKTRONIK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of INOVASI CANTING CAP BATIK DARI TEMBAGA LIMBAH ELEKTRONIK] PDF (INOVASI CANTING CAP BATIK DARI TEMBAGA LIMBAH ELEKTRONIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Canting cap adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempercepat proses pembuatan batik, khususnya pada proses pemalaman yakni proses pembuatan motif dengan cara menorehkan atau mengecapkan malam ke atas kain. Canting cap biasanya terbuat dari bahan tembaga karena dapat menghantarkan dan menjaga panas dengan baik sehingga malam dapat tercapkan dan tembus pada bagian belakang kain. Akan tetapi, harga tembaga semakin naik setiap tahunnya. Akibatnya harga produksi akan semakin mahal, sehingga perlu dicari solusi bahan alternatif yang lebih ekonomis. Gagasan dan tujuan dari penelitian ini adalah membuat canting cap batik menggunakan tembaga dari limbah elektronik yang akan memanfaatkan potensi limbah menjadi barang dengan nilai jual dan fungsi guna yang lebih tinggi serta lebih ramah lingkungan. Metode penelitian R&D yang digunakan untuk mengembangkan produk ini terdiri dari 5 langkah yaitu: 1) rancangan produk; 2) validasi produk; 3) revisi produk; 4) uji coba produk; dan 5) evaluasi. Uji kualitas canting cap dan hasil cap diuji oleh perajin batik cap. Berdasarkan analisis, kesimpulan dari penelitian ini adalah Uji kualitas canting cap batik berbahan tembaga dari limbah elektronik dinilai oleh empat perajin batik cap dengan hasil rata-rata skor 96,43 yang berarti canting cap sangat layak. Uji kualitas hasil cap batik menggunakan inovasi canting cap berbahan tembaga dari limbah elektronik dinilai oleh empat perajin batik cap dengan hasil rata-rata skor 93,75 yang berarti hasil cap sangat layak. Saran yang dapat direkomendasikan adalah: (1) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji perbandingan antara canting cap berbahan tembaga primer (murni) dan canting cap berbahan tembaga sekunder (limbah elektronik); dan (2) Perlu dilakukan penelitian untuk membuat canting cap tembaga selain dari limbah elektronik dari produk Air Conditioner (AC).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inovasi; Canting Cap Batik; Tembaga; Limbah Elektronik; Daur Ulang
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:33
Last Modified: 23 Aug 2022 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51450

Actions (login required)

View Item View Item