PENGARUH VARIASI MODEL PENGADUK TERHADAP KUALITAS BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL


Daniel, 5202416068 (2021) PENGARUH VARIASI MODEL PENGADUK TERHADAP KUALITAS BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI MODEL PENGADUK TERHADAP KUALITAS BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL] PDF (PENGARUH VARIASI MODEL PENGADUK TERHADAP KUALITAS BIODIESEL DAN PERFORMA MESIN DIESEL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh dari variasi model pengaduk terhadap kualitas biodiesel dan performa mesin diesel. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan keefektivitasan dari masing-masing variasi model pengaduk yang ditinjau dari kualitas biodiesel dan performa mesin diesel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental. Alat yang digunakan untuk membuat biodiesel yaitu neraca digital dan gelas ukur plastic. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Minyak Goreng, Kalium hidroksida, dan Methanol. Pengujian kualitas biodiesel mencakup densitas, viskositas, dan kadar metil ester. Pengujian performa mesin diesel menggunakan alat dynamometer dengan media kendaraan mobil Isuzu Panther Pick Up Turbo tahun 2012. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, variasi model pengaduk dengan tiga pengaduk berlawanan arah mendapatkan hasil terbaik. Pada pengujian kualitas biodiesel tiga pengaduk berlawanan arah menghasilkan viskositas 3,76 mm²/s, densitas 867 kg/m³, dan kadar metil ester sebesar 98,59%. Torsi yang dihasilkan sebesar 170,3 Nm dan dayanya sebesar 55,18 kW. Torsi yang diahasilkan oleh sampel biodiesel tiga pengaduk berlawanan arah mengalami peningkatan sebesar 0,0025% dibandingkan dengan bahan bakar biodiesel B30 Pertamina. Sedangkan dayanya model tiga pengaduk berlawanan arah memperoleh hasil daya yang mendekati bahan bakar biodiesel B30 Pertamina dengan selisih 0,0023%. Penelitian selanjutnya bisa menggunakan variasi model tiga pengaduk berlawanan arah. Karena, pengaduk tersebut merupakan pengaduk terbaik sehingga biodiesel yang dihasilkan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: biodiesel, kualitas, torsi, daya, pengaduk
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:52
Last Modified: 22 Aug 2022 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51432

Actions (login required)

View Item View Item