PENGARUH PENGGANTIAN CDI ORIGINAL MENGGUNAKAN CDI SAT TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR 100 CC


Husein Abdullah, 5202413076 (2021) PENGARUH PENGGANTIAN CDI ORIGINAL MENGGUNAKAN CDI SAT TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR 100 CC. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH PENGGANTIAN CDI ORIGINAL MENGGUNAKAN CDI SAT TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR 100 CC] PDF (PENGARUH PENGGANTIAN CDI ORIGINAL MENGGUNAKAN CDI SAT TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN SEPEDA MOTOR 100 CC) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mulai tahun 2007 teknologi pada sepeda motor mulai mengaplikasikan sistem EFI. Tetapi hingga tahun ini masih sangat banyak motor dengan sistem konvensional. Hal ini sangat berpengaruh dari stigma masyarakat bahwa motor dengan sistem konvensional memiliki kelebihan perawatan yang mudah dan murah. Disisi lain tren yang sedang naik pun sangat berpengaruh pada populasi kendaraan dengan sistem konvensional. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu mengamati dan mencatat hasil pengujian kemudian menyimpulkan dalam bentuk tabel atau grafik. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian torsi, daya dan emisi gas buang. Torsi dari CDI original lebih tinggi 2% dengan 6,43 Nm. Kemudian daya dari CDI SAT lebih tinggi 4,8% dengan daya 6,6 HP. Secara grafik pada putaran bawah hingga menengah lebih unggul menggunakan CDI original. Maka CDI original lebih direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari cenderung lebih sering berkendara pada RPM yang rendah hingga menengah. Emisi gas buang dari CDI SAT memiliki hasil yang sedikit lebih baik. Dimana emisi gas CO berkurang sebanyak 2% dan gas HC berkurang sebanyak 1% dan gas CO₂ yang dihasilkan lebih tinggi 0,1% sebagai indikasi pembakaran yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Torsi, Daya, Emisi, CDI SAT dan Original.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:39
Last Modified: 22 Aug 2022 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51430

Actions (login required)

View Item View Item