PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 SEMARANG


Romanti Silva Puspita Ningrum, 3101417072 (2021) PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 SEMARANG] PDF (PEMANFAATAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 6 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan sehingga kegiatan belajar mengajar beralih ke pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan dalam jaringan (daring). Oleh karena itu setiap sekolah memiliki media yang digunakan dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu LMS Schoology yang digunakan guru sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran sejarah selama pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Schoology dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan mengidentifikasi hambatan yang ditemui selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan Schoology. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa : observasi, wawancara dan kajian dokumen. Sumber data berasal dari guru, siswa, perangkat pembelajaran, materi pembelajaran di Schoology, dan screenshot untuk menggambarkan pembelajaran di Schoology. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) selama pembelajaran jarak jauh, pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan Schoology sebagai LMS yang digunakan untuk penyampaian materi oleh guru, melakukan presensi bagi siswa, melaksanakan ulangan harian, remidi dan pengumpulan tugas. Sedangkan kegiatan membuka pelajaran serta diskusi menggunakan grup Whatsapp. Selama pembelajaran, guru sudah memanfaatkan Schoology dengan optimal namun tidak memberikan dampak yang positif dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut terlihat dari antusiasme siswa yang menunjukkan kurang minat terhadap pelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan kurangnya penjelasan materi oleh guru. Siswa selalu diminta untuk mempelajari sendiri materi di Schoology, sedangkan tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama untuk memahami materi sejarah sendiri. (2) Hambatan yang sering ditemui yaitu fasilitas yang dimiliki setiap siswa. Tidak semua smartphone siswa mampu untuk membuka file materi di Schoology, hal ini karena memori dari smarphone yang penuh sehingga tidak dapat memuat materi pelajaran. Hambatan lainnya yaitu ketersediaan kuota internet, yang mana kuota internet dari pemerintah tidak dapat digunakan siswa untuk mengakses Schoology. Kemudian hambatan selanjutnya terletak pada respon siswa yang menunjukkan kurang minat dengan pembelajaran sejarah. Respon dari siswa tersebut juga disebabkan oleh strategi guru dalam mengajar yang selalu meminta siswa untuk ix mempelajari materi sendiri. Selain itu banyak juga siswa yang mengaku sudah bosan dengan pembelajaran jarak jauh dan ingin segera melangsungkan pembelajaran tatap muka di sekolah. Saran, bagi guru diharapkan lebih mengembangkan variasi model pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan. Serta, lebih giat dan semangat lagi dalam menghadapi respon siswa dan keluhan-keluhannya yang banyak. Bagi siswa diharapkan lebih aktif bertanya pada saat pembelajaran berlangsung agar dapat memahami materi sejarah yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Schoology, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:07
Last Modified: 22 Aug 2022 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51421

Actions (login required)

View Item View Item