IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SEMARANG


Puput Yulianti, 3101417067 (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA DARING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kementrian Pendidikan Indonesia menetapkan kebijakan baru sebagai dampak dari adanya pandemi dengan mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pembelajaran daring yaitu seperti google classroom. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui implementasi media pembelajaran google classroom yang digunakan dalam pembelajaran sejarah secara daring di SMA Negeri 11 Semarang, (2) kendala yang dialami guru dan siswa dalam mengimplementasikan media pembelajaran google classroom pada pembelajaran daring sejarah, (3) dampak dari implementasi media pembelajaran google classroom terhadap guru dan siswa kelas X di SMA Negeri 11 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yaitu informan, dokumen, dan aktivitas. Teknik pengumpulan data berupa : observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu (1) implementasi penggunaan media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran daring sejarah di SMA Negeri 11 Semarang sudah dilaksanakan oleh guru dan siswa melalui pemberian materi dan penugasan. (2) kendala guru sejarah dalam melaksanakan pembelajaran melalui media pembelajaran google classroom yaitu harus lebih kreatif dalam mengolah media dan materi pembelajaran, sinyal, dan masalah penugasan siswa yang kadang terlambat. Kendala dalam perspektif siswa cukup beragam namun secara garis besar dipengaruhi oleh masalah jaringan sinyal dan terkendala dalam memahami materi. (3) dampak yang dialami dalam perspektif guru yaitu menambah kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran dan kedekatan guru dengan siswa berkurang. Dampak yang dialami siswa yaitu menambah pengalaman baru, menjadi cepat bosan karena tidak ada tatap muka. Simpulan penelitian yaitu (1) implementasi penggunaan google classroom sudah dilaksanakan dan sangat bermanfaat bagi guru dan siswa. (2) kendala yang dialami baik oleh guru dan siswa terdapat pada masalah teknis yaitu sinyal. (3) terdapat dampak positif dan negatif yang dirasakan oleh guru dan siswa. Saran untuk penelitian ini yaitu supaya ada penelitian lebih lanjut dengan analisis berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Google Classroom, Pembelajaran Sejarah, Daring.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:41
Last Modified: 22 Aug 2022 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51420

Actions (login required)

View Item View Item