PENGARUH PERAN GURU DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA PL DON BOSKO DI TENGAH PANDEMI COVID-19


Agnes Safitri Sinaga, 3101417043 (2021) PENGARUH PERAN GURU DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA PL DON BOSKO DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERAN GURU DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA PL DON BOSKO DI TENGAH PANDEMI COVID-19] PDF (PENGARUH PERAN GURU DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA PL DON BOSKO DI TENGAH PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar siswa adalah salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Motivasi belajar siswa didorong oleh beberapa factor yaitu salah satunya peran guru dan partisipasi orang tua. Keterbatasan peran guru di tengah pandemic covid-19 dapat mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa, maka dari itu partisipasi orang tua diharapkan lebih maksimal guna mendorong dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru dan partisipasi orang tua terhadap motivasi belajar siswa ditengah pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitan deskriptif dan ex post facto atau sering juga disebut kausal komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 responden, dengan rincian 30 responden sebagai uji coba instrumen dan 76 responden merupakan objek penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1.) Peran guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA PL Don Bosko ditengah pandemic Covid-19. Dibuktikan dengan uji hipotesis yang memperoleh hasil nilai signifikan < nilai probabilitas atau 0.00 < 0.05 dan dapat dilihat juga dari thitung > ttabel atau 4.352 > 1.993, maka Ha1 diterima dan H0 ditolak. Sumbangan efektifitas peran guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 25.9%. 2.) Partisipasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA PL Don Bosko ditengah pandemic Covid-19. Dibuktikan dengan uji hipotesis yang memperoleh hasil nilai signifikan < nilai probabilitas atau 0.00 < 0.005 atau thitung > ttabel atau 4.051 > 1.993. Maka Ha2 diterima dan H0 ditolak. Sumbangan efektifitas partisipasi orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 23.5%. 3.) Peran guru dan partisipasi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS SMA PL Don Bosko ditengah pandemic Covid-19. Dibuktikan dengan uji hipotesis yang memperoleh hasil nilai signifikan < nilai probabilitas atau 0.00 < 0.005 dan Fhitung > Ftabel atau 35.630 > 3.120. Maka Ha3 diterima dan H0 ditolak. Variabel peran guru (X1) dan partisipasi orang tua (X2) berpengaruh sebesar 49.6% terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y), sedangkan 50.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di kaji dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Partisipasi Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:35
Last Modified: 22 Aug 2022 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51406

Actions (login required)

View Item View Item