PERBANDINGAN MINAT MAHASISWA PTB UNNES UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI, PEKERJAAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA


Puji Mirra Ulfiyah, 5101417015 (2021) PERBANDINGAN MINAT MAHASISWA PTB UNNES UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI, PEKERJAAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PERBANDINGAN MINAT MAHASISWA PTB UNNES UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI, PEKERJAAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA] PDF (PERBANDINGAN MINAT MAHASISWA PTB UNNES UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI, PEKERJAAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Guru merupakan faktor terpenting dalam dunia pendidikan. Guru professional harus mempunyai kompetensi–kompetensi seorang guru dan berdedikasi penuh terhadap profesinya (Saroni, 2011:25). Pada kenyataannya, masih banyak guru yang belum memenuhi standar kompetensi guru professional yang sudah diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan minat mahasiswa PTB untuk mengikuti PPG ditinjau dari indeks prestasi, pekerjaan orangtua, dan lingkungan keluarga. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data yang diperoleh dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan menggunakan perhitungan statistik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi PTB angkatan 2017 sejumlah 53 mahasiswa dengan rombel 1 sebanyak 27 mahasiswa dan rombel 2 sebanyak 26 mahasiswa, teknik pengambilan sampel secara Total Sampling, serta instrumen penelitian menggunakan kuesioner online yang dibuat menggunakan google form dan dibagikan melalui social media. Hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan minat ditinjau dari indeks prestasi (signifikansi 0,604), tidak ada perbedaan minat ditinjau dari pekerjaan orangtua (signifikansi 0,174), dan ada perbedaan minat ditinjau dari lingkungan keluarga (signifikansi 0,000). Saran mahasiswa diharapkan memaksimalkan minatnya mengikuti PPG, meningkatkan kemampuan minat bakat yang dimilikinya, lebih aktif dalam mencari informasi terkait dunia lapangan pekerjaan dan memperbanyak relasi sehingga memperoleh informasi yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:35
Last Modified: 22 Aug 2022 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51405

Actions (login required)

View Item View Item