ALON-ALON WATON KLAKON PESAN MORAL JAWA DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO


Chindria Dewi Retno Ayu Ningrum, 2611416007 (2021) ALON-ALON WATON KLAKON PESAN MORAL JAWA DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ALON-ALON WATON KLAKON PESAN MORAL JAWA DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO] PDF (ALON-ALON WATON KLAKON PESAN MORAL JAWA DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan untuk mengamati lebih dalam mengenai unsur intrinsik dan nilai moral Jawa yang terdapat dalam novel Prau Layar Ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Prau Layar Ing Kali Opak karya Budi Sardjono, (2) nilai moral Jawa yang terdapat dalam novel Prau Layar Ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strukturalisme. Penelitian ini menggunakan metode struktural. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik membaca heuristik dan teknik hermeneutik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik dalam novel Prau Layar Ing Kali Opak karya Budi Sardjono memiliki tema sejarah dengan alur cerita campuran serta berlatar di Gunung Kidul. Melalui gaya bahasa pesona pertama, tokoh dan penokohan pada novel Prau Layar Ing Kali Opak karya Budi Sardjono disampaikan secara tersurat dengan kategori tokoh utama dan tokoh tambahan. (2) nilai moral Jawa pada novel Prau layar Ing Kali Opak karya Budi Sardjono disampaikan secara tersirat dan tersurat meliputi: alon-alon waton klakon, wong urip kudu ana undhak-undhakane, rawe-rawe rantas malang-malang putung, wong Jawa aja ilang jawane, mas kumambang, aja dadi wong nyremimih, aja nganti kepaten obor, ana dina ana upa, kaya kebo bali kandhang, ngundhuh wohing pakarti, menawa sengit aja nganti ndulit menawa seneng aja nganti kedanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strukturalisme, nilai moral Jawa, prosa, novel
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:28
Last Modified: 22 Aug 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51396

Actions (login required)

View Item View Item