HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN DEMAK


Hesti Lestari, 1401417033 (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 140141703 - Hesti Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar merupakan implementasi pendidikan untuk mengembangkan potensi diri siswa. Tercapainya tujuan pendidikan pada pembelajaran bertolok ukur pada hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan gadget dan perhatian orang tua. Sebanyak 43,14% siswa memiliki gadget pribadi, perhatian orang tua berbeda-beda, dan 49% siswa belum mencapai KKM hasil belajar Penilaian Akhir Semester Ganjil muatan pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan penggunaan gadget dengan hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS; (3) menguji hubungan penggunaan gadget dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS Kelas IV SD Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek dan populasi penelitian yaitu siswa kelas IV SD Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 102 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis korelasi dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat dan analisis deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan penggunaan gadget dengan hasil belajar IPS dengan rhitung 0,297 > rtabel 0,1638 pada taraf signifiknsi 5% serta berkontribusi sebesar 8,8%, terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS dengan rhitung 0,541 > rtabel 0,1638 pada taraf signifikansi 5% dengan kontribusi sebesar 29,3%, serta terdapat hubungan penggunaan gadget dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS dengan rhitung 0,576 > rtabel 0,1638 pada taraf signifikansi 5% serta berkontribusi sebesar 33,2%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan penggunaan gadget dengan hasil belajar IPS, terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS, dan terdapat hubungan penggunaan gadget dan perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS kelas IV SD Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. Saran penelitian ini yaitu hendaknya guru menjalin hubungan yang baik dengan orang tua untuk mengontrol penggunaan gadget siswa dan meningkatkan perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:37
Last Modified: 19 Aug 2022 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51389

Actions (login required)

View Item View Item