PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KANVAS RANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING BAGI SISWA SMA


Rizqy Rahmat Hani, 0202515031 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KANVAS RANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING BAGI SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0202515031 - Rizqy Rahmat.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang dimiliki siswa khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa agar termotivasi dengan materi pembelajaran maka guru harus menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa serta dapat memudahkan materi diterima siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan buku panduan kanvas pembuatan media video pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan pendekatan CLIL untuk siswa SMA. Mengetahui efektivitas buku panduan kanvas pembuatan media video pembelajaran menulis tesk eksplanasi dengan pendekatan CLIL. Metode penelitian ini mengggunakan research and development (R&D). Subjek penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia yang bergabugn dalam group MGMP Kabupaten Pekalongan sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan, angket validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan pengembangan buku panduan tentang kanvas rancangan media video pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) untuk siswa SMA yaitu buku yang mudah dipahami guru, dapat meningkatkan motivasi guru dalam membuat media video pembelajaran menyusun teks eksplanasi khususnya. Buku panduan tentang kanvas rancangan media video pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) untuk siswa SMA dikembangakn sesuai dengan kebutuhan guru. Buku panduan tentang kanvas rancangan media video pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) untuk siswa SMA efektif untuk digunakan guru sebagai panduan membuat video pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini yaitu buku canvas rancangan media video pembelajaran keterampilan menyusun teks eksplanasi efektif meningkatkan kemampuan guru dalam membuat video sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, kanvas, media pembelajaran, menulis eksplanasi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
P Language and Literature > PE English
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:05
Last Modified: 19 Aug 2022 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51381

Actions (login required)

View Item View Item