MODEL LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI SMP INKLUSI KOTA SEMARANG


FAJRIAH, 0104517012 (2021) MODEL LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI SMP INKLUSI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0104517012 - Fajriah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak berkebutuhan khusus harus mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan keinklusiannya. Di sisi lain, belum ada petunjuk atau arahan khusus untuk mengimplementasikan hal ini. Sehingga perlu disusun model pembelajaran yang adaptif dan implementatif. Salah satu jenis keinklusian yang saat ini bisa diakomodasi dalam sekolah reguler adalah inklusi lamban belajar (slow leaner). Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menyusun model layanan pembelajaran agar siswa lamban belajar dapat diakomodasi dengan lebih baik di sekolah reguler. Model layanan adaptasi kurikulum yang digunakan adalah modifikasi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kata dan kalimat sederhana dan mudah dipahami, pengulangan materi/remedial, pendekatan individual, bersifat konkrit, serta pembelajaran menyenangkan dan penuh kasih sayang. Pembelajaran yang didahului dengan assemen tenaga ahli ini diharapkan membuat siswa lamban belajar dapat menyesuaikan dengan teman-teman dikelas tanpa harus merasa minder dan tidak percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, yang dilakukan dengan analisis kualitatif untuk penyusunan modelnya serta analisis kuantitatif untuk menganalisis efektivitas model. Hasil uji coba model layanan yang dilakukan pada sekolah inklusi jenjang sekolah menengah pertama di Kota Semarang menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model layanan pada taraf signifikansi 5%. Pemberian layanan pembelajaran dengan model ini dapat dapat menjadikan anak lebih baik dalam merespon percakapan dan bekerja sama dengan orang lain, lebih percaya diri dalam bergaul, dapat melakukan kegiatan mandiri, lebih bisa mengontrol konsentrasi dalam belajar. Hasil yang cukup baik ini perlu dukungan kebijakan yang lebih operasional sehingga dapat implementasikan dengan mudah oleh semua satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi model layanan pembelajaran; anak berkebutuhan khusus; lamban belajar; sekolah menengah pertama.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:40
Last Modified: 19 Aug 2022 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51375

Actions (login required)

View Item View Item