PENGEMBANGAN ATLAS HISTOLOGI JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI SMA


Anik Rahmawati, 4401417011 (2021) PENGEMBANGAN ATLAS HISTOLOGI JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ATLAS HISTOLOGI JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI SMA] PDF (PENGEMBANGAN ATLAS HISTOLOGI JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN DI SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Materi struktur jaringan hewan memiliki karakteristik berupa materi yang mempelajari berbagai jaringan hewan yang bersifat mikroskopis. Pembelajaran biologi pada materi struktur jaringan hewan di SMA Negeri Gondangrejo saat ini menggunakan buku teks dan jumlah mikroskop yang terbatas serta tidak ditemukan adanya preparat awetan. Sumber belajar berupa buku teks dan kendala fasilitas berupa mikroskop dan preparat awetan belum mampu mengarahkan perhatian dan motivasi belajar siswa secara maksimal pada pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran berupa Atlas Histologi Jaringan Dasar yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, kevalidan, keterterapan dan keefektifan Atlas Histologi Jaringan Dasar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan delapan langkah menurut Sugiyono. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Mipa 3 dan guru sebagai subyek uji coba produk, kelas XI Mipa 2 sebagai subyek uji coba pemakaian dengan One Group Pretest-Posttest Design. Objek penelitian ini adalah kevalidan, keterterapan, dan keefektifan media. Metode pengumpulan data berupa angket validasi media dan materi, angket tanggapan guru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes berjumlah 20 butir soal pilihan ganda yan telah valid, reliabel, dan tingkat kesukaran soal sedang sesuai hasil analisis dengan SPSS Statictics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atlas Histologi Jaringan Dasar yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata 92,2% dengan kriteria sangat valid, tanggapan guru sebesar 95% dan siswa sebesar 100% dengan kategori dapat diterapkan, motivasi belajar sebesar 82,8% dengan kategori termotivasi dan sangat termotivasi, serta peningkatan hasil belajar sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Atlas Histologi Jaringan Dasar yang dikembangkan mempunyai karakteristik yang dapat dilihat dari setiap komponen atlas dan tampilan yang sistematis serta full color sehingga menarik perhatian siswa, valid digunakan sebagai media pembelajaran di SMA, dapat diterapkan sebagai media pembelajaran, dan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: atlas histologi, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:50
Last Modified: 19 Aug 2022 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51370

Actions (login required)

View Item View Item