Pelatihan Keterampilan Miniatur Bagi Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Rembang
Ajeng Yuanita, - and Liliek Desmawati, FIP PLS (2019) Pelatihan Keterampilan Miniatur Bagi Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Rembang. Jumal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 6 (1). ISSN 2355-7370
PDF
- Published Version
Download (596kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterampilan bagi narapidana yang sedang menjalani masa pidananya di RUTAN Kelas IIB Kabupaten Rembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan miniatur bagi warga binaan di RUTAN Kelas IIB Rembang 2) mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan pembuatan miniatur di RUTAN Kelas IIB Rembang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Lokasi penelitian di RUTAN Kelas IIB Rembang. Informan terdiri dari 1 pembina dan 3 warga binaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber dan metode. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : (1) Materi yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan belajar dengan menggunakan metode ceramah, praktek, dan diskusi. Evaluasi yang digunakan adalah sumatif. (2) Kendala yang dihadapi adalah peserta yang terkadang malas, belum diberikannya pembelajaran tentang managemen pemasaran, dan ruangan yang digunakan terlalu kecil.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan Keterampilan, Miniatur, Warga Binaan |
Subjects: | L Education > Special Education > Non-formal education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 06:57 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51365 |
Actions (login required)
View Item |