PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA N 1 JUWANA


Nur Afifah, 4401414077 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA N 1 JUWANA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA N 1 JUWANA] PDF (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI SMA N 1 JUWANA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu alternatif dalam melengkapi bahan ajar pada pembelajaran Kurikulum 2013. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu tuntutan dari Kurikulum 2013. Pembelajaran akan lebih bermakna jika LKPD yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik materi yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik LKPD hasil pengembangan, menganalisis validitas dan kepraktisan LKPD berbasis CPS pada materi sistem sirkulasi sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) yang telah dimodifikasi. Instrumen validasi yang digunakan yaitu lembar validasi aspek materi dan media yang masing-masing dilakukan oleh Bapak Dr. Sigit Saptono, M.Pd., Ibu Dr. Aditya Marianti, M.Si., dan Ibu Laili Muzaroah, S.Pd serta lembar angket keterbacaan LKPD oleh peserta didik. Instrumen kepraktisan yaitu lembar angket kepraktisan dilakukan oleh guru dan peserta didik. Validitas materi memperoleh skor sebesar 82,0% dengan kriteria valid dan menunjukkan kesesuaian antara materi dengan LKPD yang dikembangkan. Validitas media memperoleh skor 91% dengan kriteria sangat valid dan menunjukkan kesesuaian aspek kegrafikan serta bahasa. Sehingga rerata hasil validitas oleh ahli adalah 86,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan skor sebesar 85% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil penilaian kepraktisan LKPD oleh guru dan peserta didik adalah 70,5% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Creative Problem Solving (CPS) yang dikembangkan mempunyai karakteristik dapat melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik. LKPD ini valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), LKPD, Sistem Sirkulasi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:25
Last Modified: 18 Aug 2022 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51363

Actions (login required)

View Item View Item